Home » » Gula Kelapa Panembangan

Gula Kelapa Panembangan

Written By Unknown on Selasa, 15 September 2015 | 21.58

Gula Kelapa Panembangan - Didesa panembangan banyak warga yang berwirausaha dalam bidang pembuatan serta penjualan gula kelapa .gula kelapa adalah gula yang dibuat dari bahan nira kelapa , untuk pembuatan gula kelapa nira kelapa disaring terlebih dahulu kemudian didihkan . gula kelapa tidak dapat digantikan oleh gula lain dalam resep, sebab gula tersebut memiliki kekhasan aroma , mineral dan rasa.
Proses pembuatan Gula kelapa desa panembangan :
  1. Proses pertama merendam kulit jeruk atau kulit manggis dengan air yang baru direbus kemudian didinginkan direndam selama 1 malam . setelah itu rendaman kulit jeruk tersebut dimasukkan kedalam tempat khusus nira atau yang biasa disebut oleh orang jawa yaitu pongkor. Air rendaman tersebut bertujuan untuk mencampur nira didalamnya agar rasa gula kelapa lebih khas, lebih berkualitas  dan warna merah kecoklatan. 
  2. Tempat nira dikaitkan dibunga kelapa yang dipotong agar air nira menetes ke pongkor dan bercampur dengan rendaman kulit jeruk. Tempat nira diambil pada saat tetesan nira sudah tidak menetes kurang lebih tempat  nira dikaitkan selama 1 hari bisa 2 kali pengambilan ( jam 9 pagi dan jam 3 sore) . maksimal 1 bunga kelapa meneteskan nira sebanyak 1 liter tergantung dari keadaan cuaca. 
  3. Saat pongkor diturunkan dimasukkan kedalam tungku untuk dimasak. Dalam 1 tungku dapat memuat kurang lebih 20 kilogram air nira dimasak selama 8 jam. 
  4. Pada proses pembuatan gula kelapa pada saat sudah munjuk ( setengah mengental) diaduk sampai lebih kental lagi. Kurang lebih diaduk selama setengah jam . 
  5. Sesudah bahan mengental kemudian ditiriskan untuk langsung dicetak dengan cetakan bambu dan didinginkan sampai gula kelapa mengeras . 
  6. Setelah gula kelapa mengeras dan sudah terbentuk  , cetakan dilepas . 
  7. Dengan bahan air nira sejumlah 20 kilogram dapat menghasilkan gula kelapa sejumlah 12 kilogram. 
  8. Gula kelapa dikemas kedalam karung untuk dijual kepedagang gula  seharga Rp.10.400,00 perkilogram harga tergantung pasar.
Gula kelapa asli desa panembangan murni tanpa bahan pengawet.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Flickr Images

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Adolan-Ku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger