Home » » Tahu Kalisari Cabang Panembangan

Tahu Kalisari Cabang Panembangan

Written By Unknown on Selasa, 15 September 2015 | 22.01

adolanku.blogspot.co.id

Tahu Kalisari Cabang Panembangan -Tahu kalisari merupakan makanan khas dari daerah kalisari yang terkenal di Cilongok . kami melakukan surve ketempat pembuatan tahu kalisari yang bercabang  di panembangan dirumah bapak ?.
Proses pembuatan tahu kalisari menggunakan bahan baku kedelai import dari amerika . menggunakan produk kedelai dari amerika dikarenakan kualitas kedelai amerika lebih bagus dibandingkan kualitas kedelai  lokal serta dicampur dengan air laru agar mengentalkan tahu yang akan diproduksi. Laru tersebut berasal dari air kedelai yang sudah dimasak dan dari sisa air press kedelai yang direndam selama 1 malam untuk digunakan untuk proses pembuatan tahu.  
Demikian proses pembuatan tahu kalisari :
  1. kedelai dicuci , direndam kemudian digiling dengan alat penggiling kedelai khusus. Pada saat penggilingan kedelai dicampur dengan air untuk memudahkan proses penggilingannya. 
  2. kedelai yang sudah digiling dimasukkan kedalam wadah khusus untuk dimasak ditungku yang besar, ukuran dari tungku tersebut dapat mengampu hasil gilingan kedelai sekitar 10 sampe 15 kilogram. 
  3. hasil gilingan kedelai dimasak sekitar 3 jam sampai mendidih kemudian setelah mendidih air kedelai dimasukkan kekarung khusus untuk dipress . pada saat dipress air akan mengalir ke bak khusus yang nantinya akan dicampur dengan air laru untuk proses pengentalan tahu. 
  4. Proses pengentalan tahu akan diaduk serta dicampur air laru agar kualitas pengentalan tahu lebih bagus. 
  5. setelah mengental bahan tahu disaring agar bahan yang mengental dengan yang cair terpisah . yang cair akan dijadikan air laru untuk proses pembuatan tahu besok sedangkan yang mengental akan dimasukkan ke cetakan. 
  6. cetakan tahu dilapisi dengan kain kasa setelah itu tahu dimasukkan kedalam cetakan dan ditutup dengan kain kasa serta ditutup dengan penutup cetakan . diatas penutup cetakan diberikan batu agar sisa air yang masi didalam cetakan dapat keluar dan tahu menjadi lebih padat . 
  7. Diamkan selama 5 menit kemudian cetakan dibuka dan diletakkan di nampan bambu khusus . 
  8. tahu yang sudah jadi akan di potong beberapa bagian sesuai dengan ukuran nampannya yaitu panjang 12 biji dan lebar 8 biji. 
  9. dari proses pembuatan tahu terdapat bahan sisa (ampas  kedelai ) yang digunakan untuk pakan ternak. Limbah pembuatan tahu akan ditampung di bak penampungan limbah yang akan digunakan untuk pupuk sawah dan cacing.
Dalam sehari produksi tahu dengan bahan baku kedelai mencapai 1 kwintal dan menghasilkan produk tahu jadi kurang lebih 50 kilogram . jenis tahu kalisari ada 3 macam yaitu tahu putih , tahu kuning dan tahu kulit. Pemasaran tahu kalisari dijual ke pedagang di pasar sekabupaten banyumas dan bisa juga diluar kabupaten banyumas . ada juga yang membeli secaran satuan yang dengan harga Rp. 500,00 perbiji.
Tahu kalisari enak,sedap,mantap , dan ekonomis
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Flickr Images

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Adolan-Ku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger